Tingkatkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme, Bakesbangpol Lakukan Sosialisasi Bela Negara untuk

Foto untuk : Tingkatkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme, Bakesbangpol Lakukan Sosialisasi Bela Negara untuk
Share

Giri Menang – Rabu, 23/8/2017) Seiring berkembangnya zaman, rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda kian memudar. Dengan memudarnya rasa nasionalisme dan patriotisme dapat mengancam dan menghancurkan bangsa indonesia. Hal itu terjadi karena ketahanan nasional akan menjadi lemah dan dapat dengan mudah ditembus oleh pihak luar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lombok Barat mengadakan sosialisasi kesadaran bela negara dalam rangka membangun karakter bangsa yang dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Agustus 2017 bertempat di Aula Kantor Bupati Lombok Barat yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa/Lurah dan Ketua BPD dengan total peserta sekitar 270 orang.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Mahyudin, Staf Ahli Bupati bidang Administrasi Umum dan Kesra yang mewakili Bupati Lombok Barat dan narasumber dari Polres Lombok Barat yaitu Kasat Intel, AKP Iwan Sugiyatno, SH dan Dandim 1606 Lombok Barat, Letkol Inf. Ardiansyah. Dalam sambutan mewakili Bupati, Drs. H. Mahyudin menekankan pentingnya menumbuhkan dan menggairahkan kembali semangat nasionalisme yang saat ini sudah mulai luntur di kalangan masyarakat Indonesia, dalam hal ini peran keluarga, pendidikan, dan pemerintah sangat diperlukan. “Kita jangan hanya menuntut hak kita sebagai warga negara tetapi seharusnya kita melakukan sesuatu yang positif untuk mengharumkan nama negara Indonesia. Saya yakin apabila semua rakyat khususnya generasi muda memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan tidak mudah terpengaruh dengan hal negatif apapun”. Ujar beliau.

Narasumber dari Polres Lobar, Kasat Intel AKP Iwan Sugiyanto, SH memaparkan pentingnya kesadaran dan komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta tantangan tantangan, baik internal maupun eksternal yang dihadapi bangsa Indonesia untuk menjaga Pancasila dan UUD 1945. Pemaparan dari Dandim 1606 Lombok Barat Letkol Inf. Ardiansyah menekankan agar masyarakat memahami nilai 4 konsensus dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mencegah disintegrasi bangsa dan kita harus bangga menjadi warga Indonesia, karena dengan hal tersebut maka kita bisa menjawab dan menghadapi tantangan zaman dengan berbagai bentuk ancaman dan cobaan.

Pada akhir kegiatan, peserta sosialisasi berharap agar kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini dapat ditindaklanjuti dan dilaksanakan ke desa-desa maupun dusun dusun agar masayarakat dapat menumbuhkan dan menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme. (san)

Sambutan
Direktorat Polpum Kemendagri
BNN Provinsi NTB
PPID Lombok Barat
JDIH Lombok Barat