Rapat Koordinasi Kominda untuk Perkuat Jaringan dan Koordinasi

Foto untuk : Rapat Koordinasi Kominda untuk Perkuat Jaringan dan Koordinasi
Share

Giri Menang - Selasa (31/10/2017) Dalam rangka memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait, Bakesbangpol Kabupaten Lombok Barat mengadakan Rapat Koordinasi Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) yang dilaksanakan di Sekretariat Kominda Lombok Barat. Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh jajaran pejabat struktural Bakesbangpol Lombok Barat, Pasi Intel Kodim 1606 Lombok Barat, Kasat Intelkam Polres Lombok Barat, Kasat Intelkam Polres Mataram, Intel Kejari Mataram, Anggota Kominda Lombok Barat, Perwakilan dari Satpol PP Kabupaten Lombok Barat, Petugas Khusus Kecamatan se-Kabupaten Lombok Barat dan Staf Sekretariat Kominda Kabupaten Lombok Barat yang totalnya berjumlah 30 Orang.

Rapat Koordinasi Kominda Lombok Barat dibuka oleh Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Lombok Barat yang dalam arahannya menyampaikan tentang pentingnya Rakor tersebut dilaksanakan untuk membahas masalah masalah yang terjadi di Kabupaten Lombok Barat, sehingga diperlukan pemikiran dari berbagai pihak untuk mencari penyelesaian/solusi terbaik bagi keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Hal-hal yang dibahas dalam Rakor tersebut antara lain terkait dengan persiapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 yang menjadi atensi khusus dari kominda terkait dinamika kehidupan berpolitik masyarakat kabupaten lombok barat saat ini sudah mulai ramai menyemarakkan kegiatan demokrasi dalam melihat, mendengar dan mendukung bakal calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat. Dalam hal tersebut, sebagai kominda kesbangpol lobar agar bersama sama menjalankan tugas dengan baik khususnya monitoring wilayah Kabupaten Lombok Barat terhadap proses tahapan pemilukada Kabupaten Lombok Barat tahun 2018 dan masalah masalah lainnya agar bisa menindaklanjuti sesuai dengan aturan hukum dan perundang undangan yang berlaku karena saat ini sudah banyak spanduk, pamflet dan baliho yang di robek di cat dan di rusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga pada akhirnya akan menimbulkan masalah gejolak sosial masyarakat.

Hal lain yang dibahas adalah terkait masalah keberadaan warga Pemalikan Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat yang sampai saat ini belum ada kepastian untuk menggunakan hak pilihnya pada saat pemilihan Kepala Daerah tahun 2018 khususnya pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat yang  perlu menjadikan atensi dan tindakan dari pihak pihak terkait lainnya secara independen, transparan dan akuntabel dalam menyikapi hal tersebut agar menemukan suatu solusi yang terbaik. Selain itu juga dibahas tentang  masalah penggunaan  anggaran di penyelenggara pemilu tahun 2018 khususnya di lembaga Panwaslu Kabupaten Lombok Barat dan KPU Kabupaten Lombok Barat. Panwaslu Kabupaten Lombok Barat melalui media massa menyampaikan bahwa pengelolaan dan penggunaan anggaran tersebut belum lengkap atau terealisasi. hal tersebut bisa berimplikasi pada stabilitas sistem demokrasi dan menjadi atensi kominda  agar pelaksanaan pemilukada lobar berjalan dengan aman dan lancar.

Hal terakhir yang dibahas adalah terkait penambangan pasir liar  (ilegal mining) yang sudah lama terjadi di Dusun Taman Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat namun sampai saat ini belum ada tindakan dari pihak pihak terkait lainnya. Terkait hal tersebut, masalah penambangan pasir liar yang terjadi di Dusun Taman Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat perlu ada tindakan dari pihak pihak terkait lainnya secara tegas dan tepat sesuai dengan mekanisme aturan yang berlaku sehingga tidak terjadi gangguan alam dan lingkungan. (san)

 

 

Sambutan
Direktorat Polpum Kemendagri
BNN Provinsi NTB
PPID Lombok Barat
JDIH Lombok Barat