Kesbangpol Lobar Hadiri Sosialisasi yang Diselenggarakan KPU Lombok Barat

Foto untuk : Kesbangpol Lobar Hadiri Sosialisasi yang Diselenggarakan KPU Lombok Barat
Share

Giri Menang - Rabu (15/11/2017) Tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di 171 daerah telah mulai dilaksanakan. Kabupaten Lombok barat merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pesta demokrasi tersebut. Untuk menjamin terselenggaranya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Lombok Barat agar berjalan dengan aman, lancar dan terintegritas sehingga dapat melahirkan pemimpin  yang berkualitas, merupakan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan hal tersebut.

KPU sebagai penyelenggara Pemilu  kemudian menyelenggarakan sosialisasi tatacara pencalonan bakal calon Bupati dan wakil Bupati dan prosedur pada pilkada serentak 2018. Acara sosialisasi diikuti oleh tamu undangan sebanyak 40 orang yang berasal dari unsur KPU Lombok Barat, Polres Lombok Barat, kodim 1606 Lombok Barat, Ketua partai politik peserta pemilu, dan dari unsur pemerintah daerah, dimana Bakesbangpol Lombok Barat merupakan salah satu pihak yang terkait dengan kegiatan ini.

KPUD Lobar telah membuat website (aplikasi) dengan Nama SILON (sistem pencalonan) untuk Calon Perseorangan/Independen dan dari Partai Politik, dimana calon perseorangan akan diberikan Password dan username yang akan digunakan oleh paslon perseorangan untuk memasukkan data data yang diminta KPUD kedalam SILON terkait syarat yang telah ditentukan, yaitu syarat dukungan minimal 40.378 KTP dan surat pernyataan dukungan minimal tersebar di 6 kecamatan. sedangkan syarat untuk diusung oleh Partai Politik adalah sebanyak 9 (sembilan) kursi, serta  apabila sudah lengkap maka akan dikunci oleh KPUD dan parpol pengusung tidak bisa berpindah mengusung paslon lain. (san)

 

Sambutan
Direktorat Polpum Kemendagri
BNN Provinsi NTB
PPID Lombok Barat
JDIH Lombok Barat