Bakesbangpol Lombok Barat Fasilitasi Kegiatan Penyuluhan Penanganan Orang Asing

Foto untuk : Bakesbangpol Lombok Barat Fasilitasi Kegiatan Penyuluhan Penanganan Orang Asing
Share

Giri Menang – (Selasa, 29/08/2017) Bakesbangpol Kabupaten Lombok Barat memfasilitasi kegiatan penyuluhan penanganan orang asing yang bertempat di Dusun Cemare Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar.

Kegiatan diinisiasi oleh Bakesbangpoldagri Provinsi NTB, yang dihadiri oleh Pejabat dari Bakesbangpoldagri Provinsi NTB, Polda NTB, Bakesbangpol Kabupaten Lombok Barat, Perwakilan dari Camat Lembar, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di dusun Cemare. Kegiatan diawali pembukaan oleh Kabid Pengembangan Nilai Nilai Kebangsaan Kesbangpoldagri Prov. NTB, Drs. Husnul Yakin, yang menyampaikan bahwa pelaksanaan ini adalah operasi darat, dan dihajatkan untuk masyarakat yang tinggal diwilayah pesisir/pintu masuk dengan tujuan untuk mendeteksi keberadaan orang asing. Beliau juga mengajak agar masyarakat ikut berperan serta sebagai modal untuk mengantisipasi jika ada orang asing ditengah-tengah masyarakat.

Kemudian penyampaian materi oleh AKBP. Ni Made Pujawati, S.IK. (Direktorat Reskrimum Bag. Renata Polda NTB) menyampaikan bahwa masyarakat harus lebih hati-hati terhadap keberadaan orang asing, karena keindahan wilayah Lombok Barat sangat mempengaruhi keinginan orang asing untuk tinggal dan memiliki aset diwilayah tersebut.

Harapan dari Narasumber agar masyarakat lebih waspada terhadap keberadaan orang asing dan agar dapat melaporkan secara berjenjang apabila ada indikasi orang asing yang menetap ataupun melakukan kegiatan mencurigakan dan tidak sesuai dengan aturan kependudukan. (san)

Sambutan
Direktorat Polpum Kemendagri
BNN Provinsi NTB
PPID Lombok Barat
JDIH Lombok Barat