Bakesbangpol Lobar Laksanakan Sosialisasi P4GN untuk Kecamatan Kediri dan Kuripan

Foto untuk : Bakesbangpol Lobar Laksanakan Sosialisasi P4GN untuk Kecamatan Kediri dan Kuripan
Share

Giri Menang - (Selasa, 5/9/2017) Setelah melaksanakan sosialisasi bahaya Narkoba melalui P4GN untuk Kecamatan Sekotong, Lembar, Gerung, dan Labuapi, Bakesbangpol Lombok Barat melaksanakan kegiatan yang sama untuk Kecamatan Kediri dan Kuripan yang bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat pada hari Selasa, 5 September 2017.

Kegiatan sosialisasi kali ini diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang yang merupakan perwakilan unsur tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh wanita yang berasal dari Kecamatan Kediri dan Kuripan. Narasumber yang dihadirkan pada kesempatan ini adalah yang berasal dari BNN Provinsi NTB dan dari Kodim 1606 Lombok Barat. Sosialisasi ini dibuka oleh H. Lalu Supratman, SIP selaku Sekretaris Bakesbangpol Lobar yang hadir mewakili Kepala Bakesbangpol.

Pasi Intel Kodim 1606 Lombok Barat, Kolonel Inf. Anak Agung Rai Gede Budiana dalam pemaparannya menyampaikan tentang bahaya dari obat obatan golongan G yaitu Tramadol yang saat ini banyak diperjual belikan secara ilegal di masyarakat. disampaikan bahwa Tramadol merupakan narkoba jenis baru yang saat ini banyak dikonsumsi oleh generasi muda karena memiliki efek penenang yang kuat dan dijual secara murah oleh para pengedar. Pada kesempatan tersebut juga Pasi Intel menceritakan bahwa beberapa waktu yang lalu, pihak Kodim 1606 Lombok Barat bersama masyarakat Desa Gelogor Kecamatan Kediri berhasil mengamankan terduga pengedar Tramadol tersebut dengan barang bukti sebanyak 7000 lebih butir tramadol yang disita dari rumah pengedar.

Adapun Asep Badaruddin, S.Pd, penyuluh Madya yang merupakan Narasumber dari BNN,  memamparkan tentang bahaya narkoba yang dimulai dari pintu masuknya narkoba yang narasumber istilahkan 6F ( Food, Fashion, Film, Fun, Fantasy, dan Family) yang harus menjadi perhatian dari semua pihak agar narkoba ini dapat dicegah. selain itu dipaparkan pula tentang pengaruh negatif dari media sosial dan teknologi yang menjadi salah satu penyebab seseorang dapat terkena narkoba.

Sedangkan peserta rapat berharap agar kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan ditingkat kabupaten, namun juga dapat dilaksanakan di tingkat desa dan kelurahan. pada akhir kegiatan, Sekretaris Kesbangpol berharap agar para peserta yang hadir dapat menjadi penyambung suara pemerintah daerah menginformasikan kepada masyarakat disekitarnya terkait bahaya narkoba serta dapat memberikan masukan kepada Pemerintah Desa untuk dapat menganggarkan kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba melalui dan Desa maupun alokasi dana desa karena saat ini status kita bukan darurat narkoba lagi akan tetapi sudah pada tahap perang terhadap narkoba. (san)

Sambutan
Direktorat Polpum Kemendagri
BNN Provinsi NTB
PPID Lombok Barat
JDIH Lombok Barat