Antisipasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, FKDM Lombok Barat Tingkatkan Koordinasi

Foto untuk : Antisipasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, FKDM Lombok Barat Tingkatkan Koordinasi
Share

Giri Menang - Senin (30/10/2017) Untuk meningkatkan peran serta Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Lombok Barat dalam mengantisipasi permasalahan yang telah dan sedang terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Bakesbangpol Kabupaten Lombok Barat melaksanakan Rapat FKDM dengan mengundang seluruh anggota FKDM dan jajaran Bakesbangpol .  Rapat FKDM tersebut bertujuan untuk menyampaikan informasi dan komunikasi yang dimiliki untuk saling berbagi dalam hal informasi, komunikasi, dan konfirmasi dalam setiap kejadian di wilayah kabupaten lombok barat untuk kita koordinasi dengan baik sehingga menemukan suatu ide gagasan saran dan usulan untuk dijadikan referensi bahan dalam menyikapi setiap masalah yang terjadi agar dapat melakukan tindakan preventif sehingga tercipta situasi yang wilayah yang kondusif.

Rapat FKDM dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol Lombok Barat yang diwakili Sekretaris Badan beserta seluruh jajaran dan Ketua FKDM beserta seluruh anggota dengan jumlah peserta rapat sekitar 30 orang. Dalam rapat FKDM kali ini yang dibahas adalah yang menyangkut Pilkada serentak tahun 2018, dimana Lombok Barat merupakan salah satu Kabupaten yang mengikuti pilkada serentak tersebut. Adapun beberapa hal yang mengemuka dalam situasi dan kondisi wilayah Kabupaten Lombok Barat tersebut adalah adanya persiapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  tahun 2018 yang akan datang, sedangkan untuk regulasi dan mekanisme tahapan pemilukada 2018 sudah dimulai kegiatannya oleh KPU Kabupaten Lombok Barat. Dengan adanya tahapan pilkada Kabupaten Lombok Barat tahun 2018 tersebut di atas sangat perlu kiranya untuk bisa memetakan daerah atau wilayah kabupaten lombok barat yang rawan dan rentan dengan konflik yang langsung maupun tidak langsung.

Tekait dengan pelaksanaan Pilkada, fenomena dan gejolak sosial masyarakat pada saat pilkada di Kabupaten Lombok Barat termasuk di daerah lain pastinya akan menjadi terkotak kotak dalam memilih dan menetapkan dukungannya pada calon yang didukungnya. Hal tersebut bisa berimplikasi pada stabilitas sistem demokrasi karena banyak yang tidak  siap menerima kekalahan dan terjadinya distorsi di kalangan masyarakat yang dapat menimbulkan masalah dan saling melakukan manuver politik untuk melakukan pembelaan terhadap pasangan calon pemimpin yang kalah dalam pemilihan kepala daerahnya. Selain itu juga, adanya indikasi dari masing masing tim sukses atau pendukung dari tiap tiap calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat saling mengklaim basis wilayah atau kawasan pendukung semua memilih salah satu calon padahal seperti diketahui bersama bahwa tidak semuanya seperti itu, karena pasti ada dari masyarakat tersebut mendukung calon lainnya. Oleh sebab itu diharapkan anggota FKDM dapat menyampaikan informasi dan komunikasi serta koordinasi dengan baik dalam menyikapi setiap masalah kepada pihak pihak yang berkompeten untuk mengambil langkah langkah konkrit yang sesuai dengan mekanisme aturan yang berlaku.

Dari hasil rapat diharapkan kepada FKDM LOBAR agar  saling menyampaikan informasi dan komunikasi serta koordinasi dengan baik dalam menyikapi setiap masalah yang terjadi terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat dan  dapat melakukan tugasnya sebagai bahan pengumpul informasi di masyarakat sesuai dengan dinamika kehidupan masyarakat sebagai bahan evaluasi dan saran serta usulan kepada pihak pihak yang berkompeten. (san)

 

 

 

Sambutan
Direktorat Polpum Kemendagri
BNN Provinsi NTB
PPID Lombok Barat
JDIH Lombok Barat