Antisipasi dan Cegah Konflik di Masyarakat, Bakesbangpol Lobar Laksanakan Rapat Tim Terpadu Penangan

Foto untuk : Antisipasi dan Cegah Konflik di Masyarakat, Bakesbangpol Lobar Laksanakan Rapat Tim Terpadu Penangan
Share

Giri Menang - Kamis (16/11/2017) Dengan telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, Pemeritah Daerah diharuskan membentuk Tim Terpadu (Timdu) Penanganan Konflik Sosial (PKS) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya gejolak-gejolak yang ada di masyarakat.

Timdu PKS Kabupaten Lombok Barat dibentuk untuk menangani konflik yang terjadi di Kabupaten Lombok Barat. Timdu ini terdiri atas unsur Pemerintah Daerah, dalam hal ini Bakesbangpol Lombok Barat, Kepolisian, TNI, Polri dan Kejaksaan untuk bergerak cepat dalam menangani konflik sosial, serta setiap permasalahan yang terjadi di daerah agar dapat diselesaikan secara damai.

Adapun tugas dari Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial adalah :

  1. Menyusun rencana aksi terpadu sosial dan menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan-kegiatan penanganan konflik di masyarakat.

  2. Peningkatan efektivitas penanganan gangguan keamanan, sehingga kondusifitas terjaga.

  3. Melakanakan upaya pemulihan dan evakuasi pengungsi, rehabilitas, dsb.

  4. Memberikan penjelasan kepada publik berkenaan dengan permasalahan yang terjadi.

Sehubungan dengan hal tersebut, Timdu PKS Kabupaten Lombok Barat melakukan Rapat Evaluasi Rencana Aksi Penanganan Konflik sosial Tahun 2017 yang bertempat di Aula Bakesbangpol Lombok Barat, yang dipimpin oleh Sekretaris Bakesbangpol dan dihadiri oleh sekitar 30 peserta yang terdiri dari Unsur Sekretariat Timdu PKS, Unsur Polres Lombok Barat, Unsur Polres mataram, dan Unsur Kodim 1606 Lombok Barat. Rapat ini terkait dengan Evaluasi Pelaporan B.08. yang telah disampaikan ke Kemendagri melalui Pemprov. NTB dan sekarang persiapan penyusunan B.12. dimana diharapkan keaktifan dari Sekretariat  Timdu untuk mengumpulkan bahan Rencana Aksi untuk pelaporan dimaksud. (san)

 

Sambutan
Direktorat Polpum Kemendagri
BNN Provinsi NTB
PPID Lombok Barat
JDIH Lombok Barat